Search This Blog

Friday, June 17, 2011

contoh proposal skripsi ne.....

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dewasa ini juga menimbulkan dampak yang berpengaruh terhadap dunia komunikasi, seolah-olah jarak yang masa lalu dipandang jauh, kini sudah menjadi dekat. Dengan berbagai kemajuan dalam bidang komunikasi, orang merasa semakin banyak kemudahan untuk mencapai tujuan tertentu yang diinginkannya.
Demikian pula halnya dengan pembangunan dewasa ini, Dengan adanya kemajuan-kemajuan di bidang komunikasi tersebut, maka diharapkan kita dapat pula memanfaatkan dengan maksimal.

B.     Perumusan Masalah
Sebelum merumuskan apa yang menjadi masalah, maka terlebih dahulu penulis kemukakan mengenai masalah itu sendiri.
Menurut Sutrisno Hadi (2004:3) menyebutkan “masalah adalah merupakan suatu kejadian dimana kejadian itu memerlukan pemecahan, masalah adalah kejadian menimbulkan pertanyaan kenapa dan bagaimana (seseorang), sebagai demikian rupa rumusan masalah adalah pertanyan tentang kenapa mencari faktor penyebab atau independent variabel dan apa yang menjadi akibat atau dependent variabel”.
Sedangkan menurut Winarno Surachmad (1990:3) “masalah adalah setiap kesulitan yang menggerakkan manusia untuk memecahkannya”.
Atas dasar pemikiran di atas, maka penulis merumuskan permasalahannya sebagai berikut “Apakah Komunikasi Berpengaruh Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kelurahan Gunung Kelua Kecamatan Samarinda Ulu.”

C.    Tujuan Penelitian
      Penelitian yang akan dilakukan ini bertujuan untuk megetahui apakah komunikasi berpengrauh terhadap kinerja pegawai pada kelurahan gunung kelua kecamatan samarinda ilir ?
D.    Kegunaan Penelitian
1.         Melatih seseorang untuk menyusun hasil pemikiran dan hasil-hasil penyelidikan menurut cara-cara yang lazim dipergunakan oleh para sarjana di dalam ilmu pengetahuan.
2.         Memberikan kepada setiap orang untuk dapat mengikuti uraian-uraian dan data-data yang dibenarkan dalam laporan ilmiah”.
Berdasarkan pendapat di atas penulis dapat menarik kesimpulan mengenai kegunaan penelitian ini sebagai berikut :
1.         Untuk melatih penulis tentang bagaimana cara-cara menyusun hasil penelitian atas dasar pengetahuan yang penulis peroleh dari perkuliahan.
2.         Sebagai bahan informasi dan sumbangan pemikiran bagi pemecahan masalah peningkatan Kinerja pegawai, karena sadar betapa pentingnya hal tersebut di atas dalam mencapai tujuan organisasi.
3.         Untuk mengetahui hubungan komunikasi dengan Kinerja pegawai pada Kelurahan Gunung Kelua Kecamatan Samarinda Ulu.
4.         Untuk menambah pengetahuan penulis mengenai komunikasi serta Kinerja pegawai pada Kelurahan Gunung Kelua Kecamatan Samarinda Ulu.

BAB II
KERANGKA DASAR TEORI

A.      Teori dan Konsep
konsep adalah suatu unsur penelitian yang akan dilaksanakan, yaitu definisi-definisi atau pengertian-pengertian dari variabel-variabel yang diteliti. dari pengertian tersebut maka konsep dalam penelitian adalah mengenai komunikasi sebagai independen variabel serta efektivitas Kinerja  pegawai sebagai dependen variabel.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka disini akan dikemukakan konsep komunikasi dan efektivitas kerja pegawai sebagai dasar pembentukan indikator.

1.    Komunikasi
a.      Pengertian Komunikasi
pengertian komunikasi adalah menyangkut adanya kesamaan makna antara orang-orang yang terlibat di dalamnya. Seperti dicontohkan di atas dalam suatu percakapan, berlangsung komunikasi apabila ada kesamaan makna di antara orang-orang yang melaksanakan percakapan tersebut atau antara orang-orang yang terlibat di dalam percakapan dan bukan menyangkut adanya kesamaan bahasa yang dipergunakan mereka.
b.      Unsur-unsur Komunikasi
Komunikasi itu sendiri mencakup  5 unsur sebagai berikut :
1.      Komunikator (communicator, source, sender)
2.      Pesan (message)
3.      Media (channel)
4.      Komunikan (communicator, commnicatee, receiver, recipient)
5.      Efek (effect, impact, influence)
Kelima unsur yang dikemukakan di atas akhirnya akan terlihat sebagai suatu kesatuan yang membentuk komunikasi.

c.       Bentuk Komunikasi
1.      Komunikasi Persona (Personal Communication)
2.      Komunikasi Kelompok (Group Communication)
3.    Komunikasi Massa (Mass Communication)
4.    Komunikasi Medio (Medio Communication)
d.      Komunikasi Massa
 komunikasi massa tersebut dapat kita ketahui bahwa komunikasi massa mencakup suatu pengertian yang luas, dapat  dianggap seni, keterampilan ataupun ilmu pengetahuan.
Beberapa bagian dari pelaksanaan komunikasi massa yang meliputi penguasaan teknik pengelolaan media dapat dianggap sebagai suatu keterampilan, sedangkan bagian memerlukan kreatifitas estetika dapat dianggap sebagai seni.
e.       Tujuan Komunikasi
komunikasi memiliki tujuan akhir untuk memberi motivasi kepada hadirnya kegiatan-kegiatan komunikan setelah menerima pesan komunikator.

f.       Prinsip-prinsip Komunikasi
Dalam melaksanakan proses komunikasi tersebut, kita juga harus memperhatikan prinsip-prinsip yang merupakan suatu tolak ukur ke arah pencapaian tujuan komunikasi yang efektif.
2.         
Dalam membahas efektivitas dalam penulisan ini, maka sumber daya manusia dan perilaku tetap muncul sebagai obyek utama yang harus diselidiki guna meningkatkan potensi kerjanya, oleh sebab itu penting sekali pihak pegawai dirangsang untuk melaksanakan tugas-tugas mereka secara efektif, untuk memberikan sumbangsih efektivitas bagi organisasi atau instansi.
Walaupun disadari faktor efisiensi dan hasil juga merupakan aset utama yang ingin dicapai oleh suatu karyawan, tapi fokus dalam penulisan atau penelitian yang dilaksanakan ini adalah mengenai efektivitasnya yaitu efektivitas kerja pegawai pada Kelurahan Gunung Kelua Kecamatan Samarinda Ulu.
Berkenaan dengan hal tersebut diatas dan untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai apa yang dimaksud dengan efektivitas, berikut penulis kemukakan pendapat dari Michael E. Megill, dalam bukunya pedoman pengembangan organisasi (1982:7) mengemukakan sebagai berikut “Efektivitas bukan suatu ukuran kualitatif seperti efisiensi, tetapi lebih merupakan ukuran kuantitatif. Efektivitas adalah suatu tingkat presentasi dalam mencapai tujuannya, artinya, sejauh mana tujuan yang akan ditetapkan dapat di capai”.


B.       Definisi Konsepsional
Definisi konsepsional digunakan penulis untuk menjelaskan secara rinci tentang pengertian dari masing-msing variabel, baik variabel komunikasi maupun variabel efektivitas kerja pegawai. Sehingga dapat memberikan suatu gambaran jelas dan sistematis tentang penelitian yang dilakukan.
C.      Definisi Operasional
Untuk mengukur variabel-variabel dari konsep-konsep yang masih abstrak sifatnya tadi, perlu dijabarkan secara nyata dan perlu untuk memberikan batasan-batasannya.
Berikut ini dikemukakan definisi operasional dari masing-masing variabel yang akan diteliti, yaitu :
1.         Komunikasi sebagai independen variabel.
2.         Efektivitas Kerja Pegawai sebagai dependen variabel
D.      Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis penelitian pada umumnya bertujuan untuk menemukan, mengembangkan atau menguji kebenaran suatu pengetahuan. Research yang bertujuan menemukan problematik-problematik baru bisa disebut research eksforatif. Research yang khusus dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada dinamakan research pengembangan (development research). Sedangkan research yang bertujuan untuk menguji kebenaran suatu pengetahuan disebut research verifikatif”.

BAB III
METODE PENELITIAN

A.      Jadwal Penelitian
Dalam rangka melakukan penelitian atau aktifitas yang sifatnya ilmiah jelas kegiatannya tidak sembarangan, akan tetapi perlu adanya langkah-langkah atau tahapan-tahapan secara sistematis yang memerlukan waktu untuk dapat menyelesaikan proyek penelitian yang bersangkutan dengan baik.
B.       Populasi dan Sampel
Berdasarkan pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa populasi adalah keseluruhan individu yang akan diteliti, sedangkan sampel adalah merupakan sebagian dari individu untuk diselidiki yang merupakan suatu contoh atau wakil dari populasi.
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh pegawai yang ada di Kantor Kelurahan Gunung Kelua Kecamatan Samarinda Ulu
= 21 orang

C.      Gejala Yang Dihadapi
Pada umumnya di dalam suatu penelitian seorang peneliti akan menghadapi dua gejala yaitu gejala nominal dan gejala kontinum.



D.      Alat pengukur Data
Sesuai dengan gejala yang dihadapi adalah gejala kontinum, maka untuk mengukur data penulis menggunakan ukuran yaitu indeks dan skala tiap variabel penelitian. Dengan menggunakan indeks dan skala yang berdasarkan tingkatan atau jenjang berarti menggunakan alat pengukur data skala ordinal.

E.       Teknik Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa tekhnik penelitian sebagai berikut :
1.        Penelitian Kepustakaan (Library Research)
2.        Penelitian di lapangan (Field Work Research)
F.       Analisis Data Yang Dipergunakan
Menurut Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi (1995:263) “Analisa data adalah proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterprestasikan”.
Untuk menganalisis data yang diperoleh dalam penelitian kedua variabel yaitu komunikasi dan efektivitas kerja, penulis akan mengunakan analisis dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Rumus Spearman Rank Order Correlation, yang dikutip dari bukunya Sidney Siegel (1992:253) dengan rumus sebagai berikut :

Keterangan :
rs                : Koefisien Korelasi Rank Spearman
x            : variabel komunikasi
y            : variabel efektivitas kerja
di2          : jumlah keseluruhan di2 adalah harga masing-masing subyek yang di dapat dari pengurangan rangking x dan y
















 
 

DAFTAR KEPUSTAKAAN

BINTORO TJOKROAMIDJOJO, 1990, Pengantar Administrasi Pembangunan,  Penerbit LP3ES, Jakarta.

CHARLES E. REDFILD, 1986, Communication and Management, University Press, Chicago.

HADARI NAWAWI, 2001, Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

KARTINI KARTONO, 1996, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Penerbit Alumni, Bandung.

KEITH DAVIS, 1976, Human Relation at at Work, Mc. Growhill Printed. USA.

KOENTJARANINGKAT, 1994, Metode-metode Penelitian Masyarakat, penerbit Gramedia, Jakarta.

MASRI SINGARIMBUN dan SOFYAN EFFENDI, 1995, Metode Penelitian Survei, Penerbit LP3ES, Jakarta.

MICHAEL E. McGILL, 1982, Pedoman Pengembangan Organisasi, Penerbit PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

ONONG UCHAYANA EFFENDI, 2004, Ilmu Komunikasi, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

___________________________, 2004, Dinamika Komunikasi, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

RICHARD M. STEERS, 1980, Efektifitas Organisasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

SUTRISNO HADI, 2004, Metodologi Research Jilid I, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

_________________, 2004, Metodologi Research Jilid II, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

SOEWARNO HANDAYANINGRAT, 1981, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Management, Penerbit Gunung Agung, Jakarta.

SONDANG P. SIAGIAN, 1984, Organisasi Kepemimpinan Prilaku Organisasi, Penerbit Gunung Agung, Jakarta.
SIDNEY SIEGEL 1992, Statistik Nonparametik Untuk Ilmu-ilmu Sosial, Penerbit PT. Gramedia, Jakarta.

WINARNO SURACHMAD, 1990. Dasar-dasar Tehknik Research Pengantar Metodologi Ilmiah, Penerbit CV. Tarsito, Bandung.

__________________, 1990. Paper, Skripsi, Thesis, Disertasi, Penerbit CV. Tarsito, Bandung.

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger